info

Kain pembungkus bantal guling yang tidak sesuai

03/10/2020

Kain pembungkus bantal dan guling yang tidak sesuai

Kain pembungkus bantal dan guling adalah kain yang dipakai untuk membungkus atau mewadahi sebuah bantal. Berbeda dengan sarung bantal yang membungkus sebuah bantal, pembungkus bantal adalah satu kesatuan dengan bantal itu sendiri. Bantal dapat dibungkus dengan bermacam-macam kain semisal Cotton / Katun, CVC, Beludru, Linen, Kanvas, dll. Namun didunia nyata dapat kita jumpai bantal dengan bermacam-macam kain pembungkusnya, apalagi sarung bantal yang bisa menggunakan kain apa saja untuk memperindah tampilan dari bantal itu sendiri.

Artikel ini dikhususkan untuk anda yang hendak atau sedang berpikiran untuk membuat atau memproduksi bantal dan guling entah itu untuk pemakaian pribadi maupun untuk usaha / dijual. Karena jika anda seorang pemakai, Anda cukup memikirkan sarung bantal yang tepat untuk bantal yang sudah anda punyai.

Jenis Kain pembungkus bantal dan guling yang tepat.

Kain pembungkus bantal berbeda dengan sarung bantal. Kain pembungkus bantal adalah kain yang dipakai untuk membungkus sebuah bantal tanpa sebuah sarung, sedangkan sarung bantal adalah kain penghias / baju dari sebuah bantal. Namun demikian, Kain yang digunakan bisa sama, meskipun juga seringkali berbeda. Umumnya Kain Sarung bantal menggunakan bahan-bahan yang nyaman untuk dipakai, sedangkan kain pembungkus bantal bisa kain apa saja, karena tidak kelihatan dan tidak bersentuhan langsung dengan pemakai.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tautan Kain pembungkus bantal yang sesuai. Disana sudah dibahas dengan detail mengenai kain apa saja yang paling pas untuk dijadikan pembungkus sebuah bantal. Tentu bacaan ini tepat untuk yang hendak memproduksi bantal atau membuat bantal sendiri.

Jenis Kain pembungkus bantal yang masih bisa ditoleransi.

Ada beberapa jenis kain yang bisa dipakai sebagai wadah pembungkus bantal. Umumnya bantal itu isinya dapat berupa Kapuk, Foam, Silikon, Bulu Unggas atau materi lain. Ada produsen / pengusaha bantal yang menggunakan bahan-bahan yang relatif murah untuk mengejar rendahnya harga agar bisa bersaing. Namun pelanggan juga pasti sudah paham mana kain yang berkualitas dan tidak.

Efek penggunaan kain pembungkus bantal yang tidak sesuai

Segmen murah mempunyai ceruk pasar sendiri yang tidak bisa di lupakan begitu saja. Penggunaan materi pembungkus bantal  atau juga Sarung Bantal yang murah merupakan sebuah keharusan agar bantal yang akan dijual harganya bisa sangat terjangkau. Resiko penggunaan bahan yang tidak sesuai, bisa bermacam-macam seperti misalnya :

  1. Terasa panas di kepala
  2. Isi bantal bisa keluar melalui pori-pori kain
  3. Kain tidak bisa rapi, terkesan lusuh
  4. Beberapa kain juga terlalu kaku dan menimbulkan bunyi

Berikut jenis-jenis kain yang bisa dibuat untuk pembungkus bantal namun tidak sesuai peruntukan sebenarnya yaitu membuat nyaman kepala saat tidur.

Velboa

Kain velboa banyak dipakai sebagai pembungkus bantal (tanpa sarung) dan juga sebagai pembungkus boneka. Kain ini berwarna-warni dan sepintas lembut di kulit. Namun jangan salah, pemakaian velboa sebagai pembungkus bantal umumnya hanya untuk bantal hias anak-anak dan juga bantal mobil yang tidak setiap hari kita gunakan. Jika kita pakai setiap hari tetap saja kurang nyaman, dibanding katun. Karena daya resap katun jauh lebih baik dan velboa akan terasa agak panas dan kurang lembut.

Bantal Mobil dan Kegunaan-nya

Tenun

Kain tenun bantak dipakai sebagai sarung bantal saja, bukan buat pembungkus bantal. Karena ke-eksentrik-an nya lah, kain ini sering didapuk menjadi sarung bantal. Disamping harganya mahal, penampilannya juga ciamik, banyak menarik perhatian. Tentu pemakaian sehari-hari untuk bantal ini jarang terjadi. Bantal Tenun hanya dipakai untuk hiasan dan koleksi saja.

bantal tenun ikat
Bantal tenun ikat

 

Satin

Anda akan kesulitan menjahit kain ini jika bermaksud membuat bantal, dan juga kepala anda akan terpeleset kesana kemari saat tidur menggunakan bantal bersarung kain satin. Satin merupakan kain dengan serat yang cukup licin, sehingga kurang cocok apabila digunakan sebagai pembungkus ataupun sarung bantal. Tapi kalau itu menjadi mau anda, ya kami bisa apa? Namun apabila menggunakan kain satin sebagai hiasannya saja, masih masuk akal. Semisal menggunakan patchwork satin untuk renda- nya.

Drill

Bantal dengan kain drill kini banyak dijumpai di pasaran. Biasanya bantal ini sebagai bantal hias on demand. Kain drill mudah dan rata untuk dicetak, sehingga banyak dipergunakan sebagai kain sarung bantal print. Anda dapat memilih ide apa saja untuk dituangkan dalam bentuk bantal. Umumnya bantalnya berbentuk bujur sangkar atau bantal sofa. Tentu saja bantal ini tidak untuk dipakai setiap hari, hanya dipajang atau dibuat hiasan entah didalam ruang tamu, ruang tengah ataupun kamar.

kain pembungkus bantal guling
Bantal dengan print out K-pop

Rayon / Spandek

Hampir sama dengan kain satin, Boleh-boleh saja sih menggunakan kain ini untuk pembungkus bantal atau sarung bantal. Mendingan kainnya dibuat dress lobek aja, kan jadi lebih keren. Jika kainnya spandek, mending buat legging aja jangan dibuat bantal, karena bantalnya akan mengempis sebelum waktunya.

Rajut

Kain Rajut hanya cocok untuk sarung bantal, meski demikian bantal yang ber-cover kain rajut biasanya dipakai hanya sebagai hiasan pelengkap furniture. Kain rajut yang bagus dapat membuat sebauah bantal biasa menjadi bantal bernilai tinggi. Namun proses pembuatannya biasanya sangat memakan waktu dan saat dipakai mudah rusak. Jadi mendingan jangan dipakai namun dibuat hiasan saja.

kain pembungkus bantal guling
Sarung Bantal Rajut. Foto : rkb.id

Mori

Sebaiknya sih jangan pakai kain ini, nuansa yang ditimbulkan kain ini saat tidur bisa membawa anda ke dunia lain. Tapi kalo terpaksa harus pakai ya pakai sendiri, jangan ajak-ajak orang lain.

Paragon / Furing

Kain kasar ini tidak cocok untuk pembungkus bantal karena mudah sobek dan mempunyai pori-pori yang lebar. Cocoknya hanya untuk tas jinjing saat anda membeli handphone baru. Jika dipaksakan dipakai sebagai sarung bantal juga pasti akan menimbulkan bunyi yang menghilangkan kenyamanan saat tidur

Polyester

Kain polyester kerapkali dipakai produsen bantal murah sebagai pembungkus bantal.Polyester ada yang bagus dan ada yang jelek. Saat ini sering dijumpai kain polyester china yang berharga murah dan digunakan sebagai kain pembungkus bantal. Terutama untuk bantal-bantal obralan di pasar murah atau pasar tiban. Kainnya pun terkadang menggunakan polyester yang paling rendah kualitasnya.

Untuk para pemakai bantal diharap hati-hati. Kain polyester yang murah biasanya mudah sobek, luntur warna saat dicuci dan bubuk warna mudah mubal / mawut yang membahayakan saat kita menghirupnya. Kain polyester murah juga tak bisa menampilkan warna yang eye-catching. Disamping itu, Kain polyester china juga susah untuk dijahit dan mengakibatkan bantal tidak presisi / benjol. Coba saja kalo ndak percaya. Harganya paling murah diantara kain-kain pembungkus bantal lainnya.

Batik

Sarung bantal berkain batik biasanya dipakai hanya untuk pameran atau eksebisi saja. Andaikata dipakai dirumah sebagai sarung bantal, pastilah hanya sebagai hiasan furniture / sofa. Bilamana dipakai untuk tidur sehari-hari, mungkin orang tersebut sedang memperingati pekan batik nasional. Dan kami belum pernah melihat ada orang menggunakan kain batik tulis sebagai sarung bantal, Impossible kayaknya.

kain pembungkus bantal
Bantal Batik. foto : ciptaloka.com

Jenis Kain yang jangan digunakan untuk membungkus bantal dan sangat tidak sesuai.

Jika anda sudah gila atau memang cari sensasi, anda bisa membuat bantal dengan beberapa kain dibawah ini. Meskipun kain tersebut merupakan kain sisa, mestinya, tidak sepantasnya dibuat sebagai bungkus bantal.

Wedges, Woolpeach, Twistcone, Lycra, Chiffon, Crepe

Baiknya bahan-bahan yang anda punyai ini jangan pernah dipakai untuk dijadikan pembungkus / sarung bantal. Disamping harganya tidak cocok, Jika dipakai pun rasanya eman-eman, mendingan dipergunakan untuk keperluan lainyang lebih proper. Bayangin jika anda punya bantal bersarung kain chiffon?  Pasti akan sobek dimana-mana.

Setelan Jas, Seragam Luster, Seragam Dinas PDL, PHL, PSL

Jenis-jenis kain diatas tentu sangat tidak sesuai peruntukannya jika dipaksakan menjadi kain pembungkus bantal atau kain sarung bantal. Meskipun anda pegawai negri, jika ada sisa kain tidak lantas bisa serta merta menggunakan kain seragam PDL untuk membuat sarung bantal. Apalagi jika kain seragamnya bermotif Korpri, tentu tidak elok dipandang.

Denim

Mungkin jika anda seniman atau memang butuh sesuatu yang beda, Silakan gunakan kain denim untuk pembungkus bantal atau kain sarung bantal. Bisa jadi dengan motif serutan atau motif sobek-sobek akan membuat bantal anda lebih artistik. Atau semisal anda butuh tempat penyimpanan uang didekat anda tidur sebagai pengganti metode menyimpan uang dibawah kasur.

kain pembungkus bantal guling
sarung bantal berkain denim. foto : anticinlanderdenim.blogspot.com

Brokat

Kain ini adalah kain yang paling tidak sesuai / tidak direkomendasikan sebagai kain pembungkus bantal atau pun sarung bantal. Jelas bila bantal yang menggunakan kain ini akan merusak mood anda saat tidur. Saat bangun tidur wajah anda akan berubah sesuai motif dari kain tersebut. Seandainyapun kain ini dipakai sebagai sarung bantal hiasan, mungkin hanya tepat untuk dipegang saat mempelai berada di pelaminan saja.

bantal brokat
Bantal Brokat

Penutup

Demikian beberapa bahasan mengenai beberapa jenis kain yang tidak sesuai peruntukannya baik untuk pembungkus bantal guling ataupun sarung bantal. Semoga bisa memberikan pencerahan buat anda yang membacanya. Jika anda membutuhkan kain-kain yang disebutkan diatas, kunjungi Indah-jaya textile website untuk mendapatkan harga nego sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *