Info Bantal Indonesia
bantal info

Cara Press Bantal Silikon Dengan Sederhana

28/04/2019

Cara Press Bantal Silikon Dengan Mesin Sederhana

Berikut kami akan menunjukan cara press bantal silikon dengan sederhana agar bantal mudah untuk di kirim atau ditata sehingga tidak makan volume tempat. Pertama-tama, untuk melakukan press terhadap bantal membutuhkan beberapa sumber daya seperti :

  1. Mesin Press
  2. Plastik
  3. Listrik
  4. Tenaga Manusia
press bantal
Ini proses yang ribet

Banyak cara untuk menge press bantal silikon, anda bisa mencarinya di yutub. Ada yang pake alat vakum disedot dulu. Trus ada yang orangnya musti naik ke papan, lantas melakukan sealing plastiknya menggunakan mesin sealer. Lucu-lucu juga ya :). Info dari kami ini semoga bisa memberikan pencerahan kepada anda. Yuk simak video ini

Mesin Press Bantal Silikon.

Mesin ini bukan buatan pabrik, melainkan hasil kreasi sendiri. Anda pun dapat menirunya dan membuatnya sendiri tanpa harus membeli mesin. Karena mesin press bantal juga sepertinya belum ada di pasaran. Kalaupun ada pasti harganya mahal. Untuk industri rumahan dan semi manufaktur, mesin ini akan sangat cocok dengan budget anda.

Mesin ini setinggi 1,25 sampai 1,5 meter. Ketinggiannya silakan di atur sendiri disesuaikan dengan kebutuhan. Karena kalo si tukang press ini orangnya pendek, maka mesin harus dikurangi ketinggiannya dan disesuaikan.

Mesin press bantal silikon ini terbuat dari besi kolom. Ukurannya pun silakan disesuaikan dengan budget anda. yang jelas bentuknya mirip meja. Anda dapat lihat di video yang ada. Ada penampang untuk meletakkan bantal dan ada semacam papan untuk mengepress bantal dengan mekanisme seperti pintu. Bisa dibuka untuk meletakkan bantal, dan ditutup untuk menekan bantal. Ada pengait di bagian depan untuk mengunci agar bantal yang ditekan, tidak melembung kembali.

Disebelah kanannya terdapat palang besi yang telah dimodifikasi. Modifikasinya mengambil teknik mesin sealer. Sederhana bukan? Namun, Voltase dan lilitan tembaga dari trafo yang ada harus diperbesar. Karena apa? Plastik yang digunakan untuk membungkus bantal yang berukuran 45 x 65 cm atau guling berukuran 80 x 35 cm, haruslah plastik yang agak tebal. Supaya kuat men-sealing plastik tebal, dibutuhkan tenaga panas dari trafo yang besar.

Kemudian, mesin sealer yang ada dipasaran juga dirancang hanya untuk plastik dengan ketebalan rendah. Dan juga, panjang kawat neklin / niklin / nikelin dari mesin sealer yang ada dipasaran paling panjang 30 cm. Kalopun yang lebih panjang,  harganya bisa buat meng-kreasikan mesin ini menjadi 2 biji. Jadi mendingan buat sendiri aja.

info bantal nikelin pipih
Nikelin Pipih. Foto dari Jayaraya Nikelin

Plastik Pembungkus Bantal.

Plastik yang digunakan untuk membungkus bantal bisa di beli di toko-toko plastik. Namun, biasanya untuk pembelian jumlah banyak, anda harus memesannya terlebih dahulu disesuaikan dengan ukuran bantal yang anda produksi. Ketebalan plastiknya minimal 0,3 – 0,4. Menggunakan ukuran diatas 0,5 bisa tetapi akan memperlama waktu sealing dan membuat boros kabel nikelin. Listrik juga makin boros tentunya.

Jenis plastik pembungkus bantal ada dua, yaitu PE dan PP. Kalo kami lebih memilih PP, meskipun agak kusam, PP lebih lentur dari pada PE yang kaku. Bungkus bantal tidak boleh kaku, kalo kaku, mudah bocor. Kalau mudah bocor, maka bantal akan melembung. Kalau semisal penyataan ini kebalik ya tinggal dibalik aja ya.

cara press bantal silikon
perbedaan press dan non press

Listrik untuk press bantal silikon

Mesin ini akan terhubung dengan listrik rumahan. Kuat dipakai di 450 Kva asal, yang lainnya mati semua. 🙂 Sebaiknya minimal menggunakan 900 Kva atau lebih. Supaya anakmu yang lagi mainan hp sambil ngecas tidak terganggu. Mesin ini boros listrik atau tidak? Boros atau tidaknya tergantung efektifitas anda menjual bantal. Kalau bantalnya laku kencang, ga usah dipikir boros listrik, pasti kebayar.

Tenaga Manusia untuk press bantal silikon

Mesin ini membutuhkan tenaga manusia untuk operasional nya. Manusianya pun harus sehat wal afiat, mempunyai tinggi minimal 160, Berat badan minimal 60 Kg dan sanggup makan dan minum yang sehat setiap harinya. Karena apa? Meskipun bantal itu bisa ditekan, namun tekanan balik / deflasi dari bantal juga ada tenaganya. Meskipun ada kuncinya, Bantal juga butuh ditekan agar bisa tipis setelah pengepressan. Percaya kami, kegiatan press bantal silikon membutuhkan tenaga seperti angkat besi.

Di Video itu, anda sudah melihat teknik press bantal. Semestinya anda sudah mempunyai bayangan apa yang akan anda lakukan. Apakah anda ingin membuatnya sendiri atau anda pengen membuatnya sekaligus mempraktekannya sendiri?

Inti Kerja Mesin press Bantal Silikon

Inti dari kerja mesin press ini adalah menyalurkan panas yang sesuai kebutuhan kepada kabel nikelin untuk menyatukan / menutup plastik agar mekanisme vakum terjadi. Panas yang didapat kabel nikelin berasal dari listrik DC yang telah dikonversi oleh trafo. Anda butuh potensio (yang bisa diambil dari mesin sealer atau bikin sendiri) untuk mengatur panas yang harus disalurkan dan otomatisasi waktu yang dibutuhkan. Potensio yang ada di mesin sealer sudah memiliki waktu otomatis dari 1 hingga 8 detik.

sealer F 400 info bantal
Potensio bawaan Mesin Sealer yang sudah otomatis.

Lamanya proses penghantaran panas akan berhantung pada ketebalan plastik,. Untuk membungkus kacang, anda tak perlu lama-lama menekan nikelin diatas plastik. Tetapi untuk plastik dengan ketebalan tertentu, harus pas nyetelnya. Anda nanti pasti akan menggunakan metode trial hingga menemukan tempo yang tepat.

Biaya dari metode cara press bantal silikon ini.

Perkiraan biaya membuat alat press bantal ini kurang lebih membutuhkan uang sekitar satu jutaan. Buat apa saja? Bikin meja besi agar kuat untuk jangka panjang, kalo bisa bikin knock down lebih keren lagi. Mesin ini bisa di modif dengan meja kayu, namun kayunya harus tebal yah.

Membuat trafo yang besar tenaganya, tentu biar menjadi urusan tukang elektronik saja, pasrah saja dengan biayanya. Kalo nggak sesuai dengan yang kita harapkan ya tinggal komplain aja. Kebetulan kami ga terlalu paham berapa amper, berapa lilitan dan berapa berapa nya. Intinya buatin yang seperti ini, kalo belum pas benerin lagi, sampai pas!

Kemudian biaya yang akan muncul adalah, kabel nikelin, plester pelindung nikelin (teflon belt) dan kabel-kabel pembantu yang kesemuanya anda bisa dapatkan secara online. Sebagai landasan di “meja” mesin tersebut, anda dapat mengunakan kardus atau karet bekas karpet atau apa saja yang intinya ekonomis.

Cara press bantal silikon
Teflon belt.

Penutup artikel cara press bantal silikon

Dengan bantal yang sudah di press tentu pengiriman akan semakin muat banyak. Begitu juga dengan ruang penyimpanan. Sehingga profit bisa dimaksimalkan, Bukan begitu Rudolfo?

Info Bantal Indonesia
Muatan makin banyak setelah di press

Jika anda sudah berhasil dengan percobaan cara press bantal silikon anda, kami ucapkan selamat dan sukses, tapi jangan pernah mencoba membeli mesin sealer standar untuk mengepress bantal. Ya karena itu sealer, bukan alat press. 🙂

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *