Apapun tentang bantal, guling, cushion, kapuk, foam, bulu angsa, silikon, dacron, latex, dibahas!

Konstruksi Sebuah Bantal

 
Konstruksi Sebuah Bantal

Konstruksi Sebuah Bantal.


Apakah kamu memiliki sebuah bantal? kalo punya, apakah kamu tahu isi atau materi dari bantal tersebut? bahan apalah yang kamu pakai untuk membungkus bantal yang kamu pakai? Mari kita bahas satu persatu agar kamu mengerti tentang barang yang kamu gunakan sebagai teman tidurmu setiap hari. 

Isi Bantal

Sebuah Bantal pasti ada isinya. Isi dari bantal yang dipakai untuk tidur, biasanya terbuat dari kapuk, busa, bulu angsa, serat silikon, atau latex. Ada bantal yang berisikan Jerami, Bantal berisi jerami merupakan metode paling tradisional yang sempat digunakan oleh orang-orang eropa kuno, tetapi bantal berisi jerami tidak nyaman dipakai dan sudah jarang digunakan saat ini. Ada bantal berisi potongan pipet, ada juga bantal yang berisi potongan kain. Orang-orang asia menggunakan kapuk sebagai isi dari bantal mereka. Di beberapa belahan dunia lain, ada yang menggunakan bulu hewan sebagai isi dari bantal yang mereka pakai, bisa bulu angsa atau bulu domba, namun bulu domba ini tidak lazim. Bulu atau down merupakan isi bantal yang paling empuk dan paling nyaman. Bahan tersebut memberikan kelembutan untuk penggunanya. Sedangkan saat ini yang paling banyak dipakai adalah bantal berisi serat silikon. Bantal berisi silikon memberikan kenyamanan dan mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan bentuk yang diinginkan oleh penggunanya. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel yang membahas sejarah penggunaaan bantal dan perbedaan materi isi bantal.

Konstruksi Sebuah Bantal
Bantal ber-isi Bulu

Bentuk Bantal 

Bantal tidur modern pada umumnya berbentuk persegi panjang, sedangkan bantal sofa berbentuk bujursangkar. Namun hal tersebut bukanlah patokan, karena kreatifitas manusia tidak terbatas. Sekarang ini ada bantal yang berbentuk seperti bebatuan, buah-buahan, makanan, hewan hingga ada yang berbentuk paha perempuan. Selengkapnya anda bisa lihat disini. Ada juga bantal leher, bantal hamil, bantal bayi, dan berbagai macam bantal kesehatan lainnya. 

Konstruksi Sebuah Bantal
ELuxury Home Tibetan Mongolian Fur

Ukuran Bantal.

Ukurannya Bantal berbeda-beda. Ada yang standar, ada yang mini (bantal bayi), juga ada bantal yang jumbo, Namun yang lazim dipakai untuk tidur saat ini biasanya berukuran 40x60cm, 45x65cm atau 50x70cm. Untuk bantal sofa biasanya berukuran 40x40cm, 45x45cm atau kustom sesuai keinginan pembuatnya. 

 

Lobang Pengisian Bantal

Disetiap bantal pasti ada lobang celah bekas pengisian materi isi bantal saat pembuatannya. Biasanya celah tersebut ditutup dengan dijahit. Namun ada juga yang diberi ristleting. Bantal yang menggunakan risleting sebagai penutup biasanya berisi materi yang kaku seperti busa atau latex. 

Sarung Bantal

Tidak ada yang tahu dimulai sejak kapan, kain pembungkus bantal mulai dipakai umat manusia sebagai wadah yang berfungsi agar keawetan dan kebersihan bantal terjaga. Bantal tanpa pembungkus cenderung akan lebih cepat kotor. Akan lebih mudah mencuci kain pembungkus bantal dari pada harus mencuci bantalnya. Lagipula, bantal berbahan kapuk atau bulu angsa, tidak dapat dicuci, karena dapat merusak keawetan bantal.  
Bantal-bantal ini dibungkus dengan kain pembungkus, atau istilahnya "sarung bantal", yang biasanya terbuat dari kain. Materi sarung bantal bisa berupa kain katun, kain flanel, kain velboa, kain rasfur, kain tenun, tenun ikat, kulit dan sebagainya, tergantung jenis kegunaan bantal. Beberapa bantal memiliki sarung penutup pada semua sisi dan memiliki celah di belakang sebagai jalan untuk memasukan bantal. Motif dari sarung bantal bisa bermacam-macam ada yang bergambar, bersulam, jahit, ada juga yang bermotif tradisional.  
Format Sarung Bantal secara umum ada 2 jenis, yaitu sarung bantal yang memiliki ritsleting, dan sarung bantal yang menggunakan satu sisi terbuka. Meskipun pada umumnya bentuk sarung bantal adalah mengikuti bentuk bantal, namun desainnya bermacam-macam, ada yang sesuai ukuran bantal kotak segi empat, ada yang menggunakan list, ada yang berbentuk lipit, ada juga yang menggunakan variasi jahit atau sulam. 


Konstruksi Sebuah Bantal
pbteen.com pillow collection

Tidak ada komentar:

Posting Komentar