Apapun tentang bantal, guling, cushion, kapuk, foam, bulu angsa, silikon, dacron, latex, dibahas!

4 Cara Menghilangkan Lipatan Bekas Bantal Pada Wajah

4 Cara Menghilangkan Lipatan Bekas Bantal Pada Wajah

Menghilangkan Lipatan Bekas Bantal Pada Wajah  


Saat kamu bangun tidur cobalah berkaca, kadang-kadang ada bekas tekstur kain sprei atau bantal yang tertinggal di wajahmu. Ini dinamakan lipatan di wajah. Sangat mengganggu penampilanmu bukan? Lipatan atau kerutan itu biasanya muncul karena wajah kita menempel pada permukaan bantal atau kasur yang tidak rata kainnya (terlipat). Karena prosesnya cukup lama, maka menimbulkan bekas di kulit wajah. Posisi tidur tengkurap akan lebih sering memunculkan masalah tersebut dibanding terlentang. 

4 Cara Menghilangkan Lipatan Bekas Bantal Pada Wajah

Ketika orang tidur dengan posisi menempel pada permukaan bantal atau kasur, maka sirkulasi udara juga berkurang jauh. Sel-sel kulit yang seharusnya beroperasi normal menjadi tertekan oleh kain yang terlipat tersebut sehingga menyebabkan pembengkakan sel kulit. Sel kulit mengandung cairan yang berperan sebagai bantalan untuk membuat kulit terlihat berisi. Ketika Anda membenamkan wajah ke bantal dalam waktu lama, cairan pada sel kulit diserap oleh tubuh. Jadi, begitu Anda terbangun, sel kulit secara gradual membengkak karena kebanyakan cairan. Hal inilah yang menyebabkan kerutan atau lipatan pada wajah, kata Lydia Evan, Dermatologist di Chappaqua, New York. Kebiasaan tidur dengan wajah tertelungkup atau tertutup dari sirkulasi udara akan lebih cepat mendorong kekeriputan kulit dan memicu munculnya garis dan lipatan pada wajah. Sedangkan apabila tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri akan membuat wajah Anda tertutup atau tertekan bantal sebagian. 

Berikut 4 cara menghilangkan lipatan pada wajah:

1. Basuh Dengan Air.
Basuh wajah dengan air hangat suam suam kuku atau air dengan suhu normal, lanjutkan dengan memijat (arah keatas) pelan-pelan di wajah dengan pelembab. Air hangat mempercepat proses aliran darah ke area kulit wajah yang terlipat. Sedangkan Pelembab fungsinya adalah untuk mengembalikan kelembaban kulit menjadi normal. Sementara memijatnya perlahan membantu menghilangkan kerutan pada kulit secara manual dan alami.

2. Posisi Tidur Yang Baik.
Tidak membiasakan tidur dengan posisi miring, menyamping, atau tengkurap. Karena tidur dengan posisi demikian berpotensi wajah tertutup atau menempel/menekan permukaan bantal atau kasur. Sebaiknya, tidurlah telentang untuk menjaga kesehatan kulit wajah, mendapatkan sirkulasi udara yang bagus dan mendapatkan hirupan oksigen secara maksimal.

3. Sarung Bantal Yang Halus dan Pas.
Cara lain untuk menghindari wajah menjadi kusut saat tidur adalah dengan menggunakan sarung bantal berbahan satin atau sutra daripada katun. Sarung bantal dengan bahan yang halus menghindari wajah menjadi berkerut, meskipun mahal selayaknya anda menggunakannya karena akan berpengaruh ke penampilan anda. Ukuran dan bentuk sarung bantal juga berpengaruh. Ukuran sarung bantal yang kedodoran bisa menyebabkan lipatan-lipatan pada kain. Bentuk rumbai atau bordiran dari sarung bantal juga menyebabkan hal tersebut.

4 Cara Menghilangkan Lipatan Bekas Bantal Pada Wajah
4. Pemilihan Bantal yang Tepat.

Keempukan atau kepadatan bantal ternyata juga mempengaruhi terjadinya garis bantal pada wajah. Bantal yang keras berpotensi membuat wajah lebih mudah berkerut. Itu karena, ketika terdapat lipatan sarung bantal, maka garis yang terpapar pada kulit akan lebih dalam. Bantal dengan materi bulu angsa atau serat silikon lebih kecil kemungkinan menyebabkan lipatan pada wajah dari pada bahan bertekstur padat seperti busa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar