Apapun tentang bantal, guling, cushion, kapuk, foam, bulu angsa, silikon, dacron, latex, dibahas!

Cara Membersihkan Bantal

Cara Membersihkan Bantal.

Cara Membersihkan Bantal.

Saya tanya kepada anda, berapa kali anda membersihkan bantal dalam waktu belakangan ini? Bukan cuma sarung bantalnya aja lho ya. Ada hal penting yang ingin kami sampaikan kepada anda. Bahwasanya, bantal juga penting untuk dibersihkan secara berkala agar tidak menimbulkan hal-hal buruk. Sarung Bantal biasanya dicuci berkala, guna membersihkan bantal dari sisa sel-sel kulit, dan keringat tubuh. Bantal juga harus dicuci untuk membersihkannya dari debu, bakteri dan tungau. Yang mana hal-hal tersebut bisa menimbulkan gatal, penyakit kulit dan alergi pernafasan. Jika tidak pernah dibersihkan, bantal bisa menjadi kotor dan menguning karena banyaknya kotoran yang menempel. Untuk itu kami sarankan anda juga harus membersihkan / mencuci bantal anda minimal 3 bulan sekali dan mengganti bantal setiap 3 tahun sekali. 

Berikut cara untuk membersihkan bantal agar anda dapat tidur nyenyak setiap harinya tanpa khawatir akan terganggu oleh resiko penyakit dan gangguan pernafasan. Namun sebelumnya, anda harus memperhatikan tag / label yang ada di bantal (kalau ada). Ikuti petunjuk pencuciannya. Setiap Bantal berbeda-beda dalam perawatannya tergantung dari materi/isi yang ada didalam bantal.

Cara Membersihkan Bantal.
Petunjuk cara mencuci bantal

Cara Membersihkan Bantal berisi Kapuk

Bantal berisi kapuk tidak dapat dicuci baik dengan mesin atau tangan, kalo anda nekat mencucinya, bantal berisi kapuk akan rusak dan akan kehilangan keempukannya. Bantal menjadi terlalu tipis dan tidak enak untuk dipakai. Bantal kapuk cukup di jemur saja dibawah sinar matahari hingga panas dengan maksud agar kuman-kuman mati kepanasan. Lalu kemudian, pukul-pukul bantal tersebut menggunakan alat pemukul untuk mengeluarkan debu yang berada di dalam kapuk. Andaikata ada noda menempel yang harus dibersihkan, cukup di bersihkan dengan alat cuci seperti sikat dan deterjen di tempat yang ternoda, tanpa harus membasahi seluruh bantal. 

Cara membersihkan Bantal berisi Foam/ busa

Bantal berisi busa  tidak dapat dicuci dengan mesin cuci, kalopun anda memaksa mencucinya ya resikonya bantal busa akan cepat rusak dan rontok. Pembersihan bantal berbahan foam bisa dengan mencelupkan busa kedalam air yang sudah diberi deterjen. Cara yang paling efektif membersihkan bantal busa adalah sarung bantalnya dicuci seperti biasa namun isinya (foam) cukup dibersihkan dengan menggunakan vakum untuk menyedot debu yang tersangkut disela-sela sponge-nya. 

Cara membersihkan Bantal berisi Bulu

Bantal berisi bulu boleh dicuci namun harus menggunakan tangan atau manual, tidak dengan mesin. Penggunaan mesin akan merusak bentuk bantal yang bermaterikan bulu. Sarung Bantal boleh dicuci dengan mesin, sementara bantalnya harus manual. Proses pengeringannya bisa menggunakan panas matahari, atau angin. Pembersihan bantal bulu akan lebih maksimal dengan cara seperti membersihkan bantal dengan isi kapuk. Bantal berisi bulu mudah rusak apabila sering dicuci dengan air.

Cara Membersihkan Bantal.
Proses pengeringan bantal setelah dicuci

Cara membersihkan bantal berisi Latex, Bantal Air/Bantal Udara

Bantal yang berisi latex berbeda beda cara pembersihannya. Lihatnya petunjuk perawatan yang tertera dalam tag. Ada yang boleh dicuci/dicelup dan ada yang tidak boleh dicuci. Umumnya bantal bermateri latex tidak perlu dicuci, cukup dibersihkan dengan cara manual. Sarung bantalnya boleh dicuci seperti biasanya. Sedangkan untuk Bantal kesehatan seperti bantal air dan bantal udara, juga tidak perlu dicuci, disamping penggunaannya tidak setiap hari, isi bantal tersebut juga tidak bisa dicuci. Yang bisa dicuci hanyalah bungkusnya yang biasanya berbahan dasar karet / plastik. Bantal kesehatan umumnya terintegrasi dengan kelistrikan, jadi tidak boleh dicuci, apalagi dengan mesin cuci.

Cara membersihkan bantal berisi silikon fiber / serat silikon

Nah, hanya bantal yang ini yang bisa dicuci menggunakan mesin dan tangan manusia. Namun sebaiknya, gunakan mesin atau ikuti petunjuk yang ada di tag / label bantal. Secara umum bantal berisi silikon fiber bisa dicuci. Berikut cara-cara untuk mencuci bantal tersebut. 

Cara Membersihkan Bantal.
Mencuci 2 bantal sekaligus
1. Siapkan deterjen, soda bubuk, pewangi dan mesin cuci ukuran standar.
2. Nyalakan mesin cuci pada pengaturan untuk beban maksimum. Kalau bisa setel ke mode air panas. Cuci dua bantal ukuran standar (45x65) dalam mesin cuci sekaligus.
3. Tambahkan deterjen dan 1/2 cangkir soda bubuk. Deterjen dan Soda bubuk dapat membantu mengangkat noda yang menempel dan memutihkan bantal.
4. Tambahkan pewangi ke dalam mesin cuci agar bantal harum.
5. Setelah mesin cuci berhenti bekerja, keringkan bantal. Usahakan jangan mengeringkan dengan hawa panas (hot dryer). Sebaiknya Bantal dikeringkan secara manual saja, dijemur dengan sinar matahari dalam waktu yang cukup sampai kering saja, karena jika dibiarkan terlalu panas akan merusak serat silikon. Pengeringan dengan menggunakan mesin terkadang merusak bentuk bantal. Jika mencucinya manual, tidak perlu diperas hingga dipelintir, karena merusak bentuk bantal.

Cara Membersihkan Bantal.
Seseorang sedang mencuci bantal.
Untuk mengetahui kapan waktu mengganti bantal, lipat bantal tersebut, kemudian lepaskan. Jika bantal kembali normal berarti bantal masih dalam kondisi baik, Bantal belum perlu diganti. Jika bantal  tetap dalam posisi terlipat atau sangat pelan dalam proses inflating-nya menuju bentuk normal, saatnya untuk mengganti bantal yang baru. Namun hal ini tidak berlaku untuk bantal kapuk, foam dan latex. Jangan melipat bantal latex, hanya untuk mengukur umur waktu penggantiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar