Apapun tentang bantal, guling, cushion, kapuk, foam, bulu angsa, silikon, dacron, latex, dibahas!

Sarung Bantal Ikat Dari Uzbekistan


Sarung Bantal Ikat Dari Uzbekistan
Gadis Uzbek

Sarung Bantal Ikat Dari Uzbekistan

Uzbekistan ternyata tidak hanya terkenal karena kecantikan wanitanya tetapi juga terkenal akan tradisi tenun ikat seperti layaknya di Indonesia dan berbagai belahan bumi lainnya. Kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin. Kain ikat dapat dijahit untuk dijadikan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis/pembungkus bantal sofa, atau sebagai penghias interior rumah.

Sarung Bantal Ikat Dari Uzbekistan

Pembuatan Sarung Bantal Ikat Secara Manual dan Alami

Sarung Bantal Ikat dari Uzbekistan terbuat dari kain tenun ikat. Dijahit tangan manual oleh pengrajin di Uzbekistan. Mencerminkan berabad-abad tradisi Uzbekistan, kain tenun ikat vintage buatan tangan dari sutra dan helai kapas yang dicelup warna cerah dan kemudian ditenun menjadi desain yang bersahaja dan halus.

Sarung Bantal Ikat Dari Uzbekistan

Sarung Bantal Ikat dari Uzbekistan menggunakan metode tradisional untuk penggunaan pewarna alami yang terbuat dari berbagai tanaman asli. Sejak zaman kuno, tanaman seperti Nila (Indigofera sp.), Mengukudu (Morinda citrifolia), Dadap (Erytrina sp.), mahoni (Swietenia mahagoni), dan secang (Caesalpinia sappan) telah menyediakan berbagai warna warna dan intensitas dalam pewarna yang sangat tahan lama. 

Sarung Bantal Ikat Dari Uzbekistan

Ciri Khas Keburaman Sarung Bantal Ikat

Ciri khas dari Sarung Bantal Ikat Uzbekistan adalah blurry/keburaman motif. Keburaman adalah hasil dari teknik yang dimiliki penenun yang melapisi benang yang diwarnai sehingga polanya keluar dengan sempurna dalam kain yang sudah jadi. Keburaman dapat dikurangi dengan menggunakan benang yang lebih halus atau dengan keterampilan pengrajin. Ikat dengan sedikit tingkat keburaman warna dan pola, lebih sulit dibuat. Oleh karena itu seringkali harganya lebih mahal. Namun, Keburaman yang inilah yang menjadi ciri khas dari tenun ikat sehingga sering dihargai tinggi oleh penggemar dan kolektor kain.

Sarung Bantal Ikat Dari Uzbekistan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar